Analogue Girl in DIgital World

Analogue  Girl in DIgital World

Selasa, 20 April 2010

si Ibu kita Kartini

Malam Guys....
nyanyi sebentar ah...

" Ibu kita kartini putri sejati putri indonesia harum namanya, wahai ibu ikita kartini putri yang mulia sungguh besar cita-citanya bagi Indonesia "

ini lagu yang selalu gw nyanyikan dikala jaman sekolah, dan ini adalah nada suling gw ketika disuruh maju untuk main alat musik bawain lagu nasional, haha kartini song emg juaranya banget.hehehe

dan hari ini kan tanggal 20 april 2010, dan besok adalah 21 april oke seluruh WNI sepertinya tau deh tgl 21 April itu identik dengan apa? Yes pada tau yang namanya Kartini days.
biasanya setiap hari kartini diselenggarakan berbagai perayaan dan acara untuk menyambut hari kartini itu salah satunya adalah Lomba, macem2 lomba biasanya sih lomba pakai kebaya yah, tapi lebih dari itu ada juga lomba masak. dan kampus tercinta yaitu LSPR mengadakan lomba masak dan gw dadakan aja ikut bareng anak-anak kujing seperti biasa (jannah,dyan,ayu,ochi), kalau inget jadi lucu sekali dadakan mana ada lomba masak tapi pesertanya malah belanja bahan, ada lagi yang ambil koali, dikosan minjem piring kantin, nyuci piring di kamar mandi kampus hahaha cuma ada di lspr dan itu oleh dhea's group hadeeeeh... sudahlah namanya juga seru-seruan gpp ga menang yang penting berpartisipasi..hahaha

oke well cukup sampahan gw dengan mereka itu dilomba masak, hehe
gw lebih mau bahas si ibu kita kartini ini, well dari dulu gw selalu ikut berpartisipasi dalam acara kartinian ini, tapi sebenernya apa maknanya gw juga ga tau, jujur ini loh..gw cuma ikut-ikut seru-serunya aja, tanpa gw ngerti esensi dari yang namanya kartini beserta emansipasi itu dan 1 hal sampe gini hari gw belum pernah nyetuh itu yg namanya buku habis gelap terbitlah terang,haha sangat tidak kartini sekali gw! :p

bicara soal sosok kartini,hmm kartini itu yang gw tau yah pahlawan wanita yang sudah mengahrumkan nama bangsa indonesia dengan kecerdasannya yang identik dengan "emansipasi wanita" membuat wanita yang bodoh menjadi pintar dan mendapat derajat yang sama di hadapan pria. that's it tapi apakah seperti itu?? tidak jawabnya.

oke ini adalah opini gw yah guys,koreksi jika salah, entah gw merasa bahwa masih banyak wanita yang tidak bisa berdiri sendiri dan tought tanpa pria, banyak perempuan yang menangis meraung2 gara-gara pria, dan banyak perempuan yang bisa diet mati2an sampe sakit cuma gara2 pria, bahkan sampe ngancem bunuh diri kalau sampe diputusin pria. itu realita sosial yang ada di sekeliling gw.

lantas dari sisi mana emansipasinya? percuma dong tiap kartini heboh2 perayaan acara ini itu sedangkan pengamalan untuk hal sekecil itu aja ga bisa, intinya tetap perempuan tidak bisa berdiri sendiri taanpa pria yang memegang tangannya berdiri disampingnya. sebenerya ini pernyataan yang ga gw mau nyatakan, tapi pengalaman dan apa yang gw lihat itu membuat gw membuka mata hati ,telinga dan pikiran bahwa masih banyak temen-temen gw yang menginjak2 diri dia sendiri dengan ulah diri dia sendiri dan dia ga bisa beremansipasi buat dirinya sendiri.

itu dari sisi luar yah, tapi kalau boleh curhat sedikit dari sisi gw, well gw mungkin nyaris seperti teman-teman gw itu, gw juga pernah menangisi "someone that we call them boy" yang sebenernya ga seharusnya, buat apa kan? nah itu yang kadang gak bisa kita hindari again wanita terbuat dari tulang rusuk pria katanya,haha ga tau juga sih.. tapi boy / pacar gak seharusnya di tangisi tapi dijadikan teman share saat kita butuh untuk share,bukan membuat kita menangis tapi membantu kita menghusap air mata kita saat menagis,menjadi sandaran kita disaat menangis, seharusnya tapi kenyataanya tidak! terkadang yang kita anggap itu berguna sesungguhnya in reality tidak berguna, kita tetap menangis sendiri tidak disandaran pria itu,kita tetap menghasup air mata kita sendiri bukan pria itu, bahkan kita menangis karena pria itu? dan ini adalah kodrat alam yang g bisa di hilangkan bisanya hanya di minimalis saja.

selanjutnya ibu kita kartini, gw belum pernah liat sosok kartini,iyalah gw mana pernah liat jaman dulu bgt lahir aja belum, tapi paling tidak sosok penerus belum gw liat ada seorang ibu semulia itu. sometimes gw g tau bagaimana sosol ibu yang baik dan semulia kartini, gw g pernah tau dan mendapatkanya. tapi jauh-jauh gw mikir tentang masalah menengang kartini dll, sedangkan gw aja ga tau gimana ibu gw sendiri. well sebelum kita ingin mengenal ibu kartini kenalilah ibu di dekat kita yaitu ibu kita sendiri, barulah kita akan tau apa sih yang di mauin sama si kartini.. hehe

well mungkin terlalu luas banget bahasan gw, cuma memang itulah perayaan bukan cuma perayaan tapi ada meaning dibalik itu,kita diajak berpikir apa maknya kenapa gini dan gitu dan jeleknya suka jadi wacana aja tapi ga pernah diterapin di kehidupan nyata.

tapi apapun yang terjadi " ibu kita kartini harum namanya" so emg dia akan tetap terus harum dan berarti buat negri ini, meskipun saya gak mengenal ibu kartini, meskipun saya tidak pernah ngobrol langsung dengan ibu kartini tapi saya ingin mengucapkan " Happy b'day IbuKartini wish you all the best " namamu selalu harum di Indonesia.

dan buat para wanita yang sudah beremansipasi ini selamat hari kartini teruskan emansipasi kalian sebarkan semangat kreatifitas kalian ke teman-teman kalian yang belum beremansipasi. tapi bagi kalian yang belum beremansipasi gw akan ucapin itu. hahhaha dan semoga bisa beremansipasi dimulai dari diri sendiri dulu.

semoga kita para wanita memang benar-benar bisa beremansipasi secara baik dan benar tanpa melupakan kodrat kita sebagai wanita.

sekian sampahan gw tetang ibu kita kartini semoga kita tau arti dari emansipasi itu yg sebenarnya. hehehe :)


By : NDM



P.S : Mungkin gw hanya bisa tau wajah kartni dari gambar ini, lumayan laah haha

btw makasi yah buat nadia arindya yang sudah mengucapkan hari kartini untuk pertama kalinya buat gw secara officially gini bunyinya :
" selamat hari kartini ya cewe semangat " hahaha ternyata dimata orang gw seperti itu, *berarti gw sudah menamalkan dikit yg ibu kartini bilang tebarkan semangat dan itu part of emansipasi wanita" hahaha :p








Tidak ada komentar: