Analogue Girl in DIgital World

Analogue  Girl in DIgital World

Jumat, 20 Agustus 2010

Sinta & Jojo atau Media ??

hallo guys..

malam ini gw terkagum-kagum dengan suara emas dari artis youtube gamiliel dan audrey yang jadi hits pembicaraan di twitter karena mereka tampil di harmoni SCTV. well dari semua yg nge-tweet tentang mereka positif semua, bagus semua dan diiringi dengan hujatan serta makian terhadap shinta & jojo 2 mojang bandung yg berkreasi dengan lagu hitsnya keong racun di youtube. pasti kalian udah pada tahu banget segitu fenomenalnya si keong racun di Indonesia intinya from zero to hero.

sejujurnya apakah sinjo itu layak menjadi besar seperti ini di Indonesia hanya karena nyanyi secara lipsync di youtube bermodalkan joget2 yg seadanya, dan juga dengan adegan yang yah kita tahu itu biasa saja. pasti jawabanya tidak, iya bener banget kita sadar kalau itu tidak layak untuk menjadi trending topic di twitter, itu tidak layak menjadi artis dadakan, masuk televisi tanpa kualitas yg baik. namun kenapa itu tetap bisa terjadi? permasalhanya adalah masyarakat indonesia yang labil, gampang aja kebawa isu ada isu ini langsung heboh tanpa di saring dahulu.

kemunculan sinjo ini membuat kontra semua orang, kenapa cuma karya yang tidak banget itu bisa jadi seterkenal itu? dan saat gamaliel dan audrey bernyanyi secara luar biasa di harmoni SCTV, seluruh teman-teman gw di twitter menghujat si sinta dan jojo, ada yang bilang " mana loh sinjo masih berani keluar lo? nih liat sih gamaliel, ada juga yang bilang karungin aja lo buang aja lo ke laut, dan lain2 nada hinaan dan hujatan. mungkin yg gw bayangkan sinjo membaca timeline di twitter sedih, nangis, dan ngerasa kok gini yah??

ini lucu loh, sungguh fenomenal sekali! tapi gw disni mencoba objektif dan menganalisis (sok-sokan gw analisis) haha yang gw lihat temen-temen gw itu hanya fokus pada apa yg sinjo lakukan, mereka hanya bicara soal keancuran dan ketidak layakan itu video di youtube menjadi superstar di indonesia, dan mereka dengan lantang menghina sinjo dengan cemoohan yang luar biasa pasti kasar. tapi apa temen-temen gw ga melihat bahwa sinjo itu hanyalah korban dari eksploitasi media yg besar-besaran? kalo kita lihat dari latar belakangnya, kita lihat dan analisis lebih jauh sinjo hanyalah produk yg menjadi superstar karena media yg membesar-besarkan, atau sebagian masyarakat yg membesarkan keberadaan video keong racun tersebut.

jadi kalo emg media anggap sinjo ga layak, kenapa dibesar2kan kenapa sampe di undang dibeberapa acara? kenapa sampe di interview dimana-mana? kadang ga ngerti gw sama standart penilaian media tentang mana objek yg ber value, ada nilai beritanya mana yg ga ada sama sekali. gw gak ngerti dengan media atau orang-orang yg heboh, sekarang semua menghujat sinjonya bukan medianya, sinjo mah seneng aja dapat honor, terkenal mendadak tapi mereka gak akan sampe sejauh ini tanpa pemberitaan dari media kan?? masuk ke program-program media kan?

wow sampe emosi gw baca timeline temen-temen gw, semua orang juga tau sinjo itu ga layak banget mendapat suatu prestasi sebesar itu sampai beasiswa pula, aduuh ga tau juga apa alasannya, tapi kenapa ga mikirin org2 yg membesar2kan itu semua.

jadi intinya gini deh guys, mau kita sekontra apapun tetap media itu yg punya peranan penting untuk memfilter berita, entah media itu mementingkan kualitas atau komersil, tapi ini yg akan terus bertanya-tanya apakah sinjo atau media ?? yg jelas sinjo hanyalah 2 cewek2 yg ingin berekspresi dengan seleranya masing2, dengan gayanya masing biarlah mereka berekspresi bukankah itu hak mereka itu berekspresi, tapi jika itu tidak layak yah jangan dibesar-besarkan.
ini pekerjaan rumah buat media di Indonesia, janganlah membesarkan sesuatu yg tidak ada value atau nilai beritanya karena itu akan mebuat objeknya yg dibesarkan dikucilkan oleh masyarakat Indonesia, kan kasian media yg untung objek yg untungnya ga seberapa tapi dapat sanksi sosial dari masyarakat yaitu berupa hujatan :(

oke guys sekian sampahan dari gw, ini hanyalah opini gw, pendapat gw tentang fenomenal sinjo dan media, semoga sinjo bisa bermetamorfosis menjadi yg berkualitas seperti audrey dan gamaliel dan media mengakat audrey dan gamaliel menjadi sebuah berita dan the rising star yg bener-bener punya kualitas semua untuk Indonesia!

By :
NDM

P.S :
Kalo aja banyak anak muda yg bisa sefenomenal mereka-- (sinta & jojo)










tapi punya kualitas yg sebagus mereka--(gamaliel & audrey ).
pasti Indonesia jauh akan membanggakan melalui generasi mudanya jadi balance antara nilai berita dan objek yg di beritakan, semoga :)


Tidak ada komentar: